Bun cha adalah hidangan lokal yang berasal dari Hanoi, ibukota Vietnam. Hidangan ini bisa kamu temukan kapanpun dan dimanapun. Di restoran ataupun gerobak kaki lima, sama-sama tetap dapat

Sepiring bihun, semangkuk kuah kaldu dengan daging babi, dan sekeranjang sayuran segar. Jadi untuk kalian yang muslim, makanan ini jelas non-halal ya.

Bun atau kita sebagai bihun, disajikan di piring terpisah. Orang-orang Hanoi sangat pilih-pilih dalam hal memasak, hal ini terlihat jelas dari pilihan jenis mie yang berbeda untuk tiap jenis hidangannya. Untuk membuat semangkuk bun cha yang lezat, bihun harus tipis, lembut, dan kenyal.

Cha adalah dagingnya, disajikan dalam mangkuk. Dagingnya berasal dari daging babi dan dimasak dalam dua gaya: cha vien (dihaluskan) dan cha mieng (diiris tipis) dan disajikan dengan kuah berkaldu.

Yang membedakan tingkat kelezatan bun cha adalah kuahnya. Untuk membuat kuah yang paling mantap,  si juru masak akan mencampurkan saus ikan, cuka, dan gula menjadi satu. Bahan-bahannya mungkin terdengar sederhana tetapi rasanya bervariasi dari satu toko ke toko lainnya, karena mereka punya takarannya masing-masing.

Tak lengkap rasanya kalau hidangan vietnam disajikan tanpa sayuran dan rempah-rempah. Kamu akan menemukan selada segar, basil Thailand, daun ketumbar, amis-amisan, bunga pisang, dan ketumbar.

Kalau kamu penasaran dan ingin mencobanya di rumah, kamu bisa mencoba membuatnya dengan resep di bawah ini.

BAHAN-BAHAN:

– 1 sdm minyak nabati

– 200g mie bihun

– seikat daun mint segar

– seikat seledri

– ½ cup kecambah

KUAH:

55g (1/4 cup) gula halus

– 60ml (1/4 cup) kecap ikan

– 60ml (1/4 cup) air

– 2 sdm cuka

– 1 cabai merah panjang segar

– 2 siung bawang putih

– 2 sdm lime juice

PATTIES:

500g daging babi atau sapi (halal)

– 1 siung bawang putih

– 1 butir telur

– ¼ cup daun bawang yang dipotong kecil-kecil

– ¼ cup daun mint segar yang dipotong kecil-kecil

– 1 sdm kecap ikan

– ½ sdm lada hitam

CARA MEMASAK

Langkah 1 : Untuk kuahnya, masukkan gula, kecap ikan,  air, dan cuka ke dalam panci yang sudah  panas, biarkan selama 2 menit hingga gula mencair.

Langkah 2 :  Masukkan cabai merah yang telah dipisah dengan bijinya, masukkan ke dalam panci bersama dengan bawang putih dan perasan jueruk nipis. Tuangkan ke dalam 4 mangkuk.

Langkah 3 :  Untuk membuat patties, masukkan daging yang telah dicincang, bawang putih, telur, daun mint dipotong kecil-kecil, kecap ikan, dan merica ke dalam mangkuk besar dan aduk hingga merata. Kemudian bentuk adonan tadi menjadi 16  bola-bola  lalu pipihkan.

Langkah 4 :  Panaskan minyak dalam  wajan berukuran besar, gorenglah patties tadi dalam 2 grup, masing-masing 3 menit  tiap sisinya. Goreng hingga berwarna keemasan.

Langkah 5 :  Rebuslah bihun hingga dirasa cukup lembut, kemudian keringkan.

Langkah 6 : Susunlah bihun, daun mint,  seledri, kecambah, dan patties di atas serving platter. Sajikan kuah ke dalam 4 mangkuk. Bun cha siap untuk dinikmati.